Tikcode – Jantung merupakan bagian vital dalam tubuh yang berfungsi untuk melakukan penerimaan dan memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung merupakan salah pemompa terbesar yang ada dalam tubuh karena dapat memompa 5 liter darah ke tubuh. Beberapa penyakit dapat menyerang jantung seperti detak jantung yang tidak beraturan, adanya penumpukan plak sehingga menyumbat pengaliran darah pada arteri koroner dan fungsi jantung yang tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Gangguan-gangguan ini yang membuatĀ RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita diberdirikan khusus untuk menangani para penderita jantung dengan berbagai permasalahan.

serangan jantung

Berikut adalah penyakit yang dapat menyerang pemilik jantung tidak sehat diantaranya:

  • Trachycardia merupakan peningkatan denyut jantung yang disebabkan oleh rokok, alkohol dan stress.
  • Otot jantung yang melemah dan melambat sehingga tidak mampu memompa darah untuk tubuh dengan cukup.
  • Katup jantung yang tidak bekerja dengan baik yang mengalami stroke atau angina.
  • Bradikardia merupakan denyut jantung lambat akibat otot-otot jantung lelah dan biasanya dipasangkan alat pacu jantung yang dapat memacu kembali denyut jantung yang lemah.
  • Penyakit jantung bawaan biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir dan perlu diperbaiki dengan operasi dan tidak semua operasi berhasil dilakukan.
  • Gangguan serebrovaskular yang menghambat sirkulasi darah dari jantung menuju otak, penyakit ini cukup berharap karena dapat menjadi penyebab stroke pada otak.
  • Angina merupakan penyakit dan sesak dada karena jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup yang disebabkan penyumbatan pada arteri jantung.
  • Penyakit jantung rematik yang disebabkan infeksi bakteri yang membuat sendi dan katup jantung bermasalah sehingga perlu pergantian katup.
  • Ateroskerosis yang disebabkan endapan wabah, peningkatan tekanan darah dan stroke jantung.

Penyakit jantung dapat dipicu dengan usia yang semakin bertambah karena resiko otot jantung melemah dan menebal semakin tinggi. Penyakit jantung lebih banyak diderita oleh pria dibandingkan dengan wanita tetapi penyakit ini dapat diderita setelah masa menopause. Keluarga dengan riwayat menderita penyakit jantung lebih tinggi, jika memiliki ayah atau saudara laki-laki yang menderita penyakit sebelum 55 tahun atau ibu atau saudara perempuan menderita penyakit jantung sebelum 65 tahun. Hal ini juga dapat disebabkan oleh rokok yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan merusak lapisan jantung bagian dalam.

Menggunakan terapi kanker juga dapat menyebabkan resiko penyakit jantung lebih tinggi. RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita memberitahu bahwa pola makan yang buruk seperti makanan tinggi lemak, gula, garam akan membuat resiko penyakit jantung tinggi. Begitu juga dengan tekanan darah tinggi yang memicu penebalan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi sempit. Tekanan darah tinggi berhubungan kolesterol yang tinggi.

Berikut adalah makanan untuk penderita jantung diantaranya:

  • Rempah-rempah digunakan sebagai pengganti garam akan memberikan efek untuk jantung sehat.
  • Kacang hitam dengan folat antioksidan, dan magnesium yang membantu tekanan darah turun karena seratnya mampu mengontrol kadar kolesterol.
  • Salmon dengan omega-3 untuk mengurangi gangguan denyut jantung dengan cara memanggangnya.

Selain itu juga dapat mengonsumsi tuna yang dipanggang, sebaiknya juga memilih tuna yang dikemas dari air. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti lemak jenuh untuk digunakan saat memasak sayuran dan roti. Kenari dapat dijadikan cemilan sehat menggantikan keripik dan cookies atau menggunakan minyak kenari. Beberapa makanan ini menjadi salah satu menu diĀ RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kitauntuk menurunkan permasalahan jantung yang dialami penderita, selain itu akan memberikan rekomendasi makanan yang enak tetapi sehat.