Tikcode – Pada saat hamil tentunya bunda ingin selalu memberikan yang terbaik untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Karena asupan nutrisi yang baik akan membantu si kecil tumbuh sehat dan cerdas sejak dalam kandungan. Namun, di sisi lain ada beberapa makanan yang ternyata sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa membahayakan ibu maupun janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan dari beberapa pantangan makanan ini bisa menyebabkan keracunan pada ibu hamil dan mengganggu perkembangan otak janin. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil sebagai berikut ini :

ibu hamil

1. Ikan Yang Mengandung Merkuri Tinggi

Ikan dan hewan perairan lainnya memang merupakan sumber protein yang kaya akan omega-3. Dimana kedua nutrisi ini sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Akan tetapi, FDA sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat telah menggolongkan beberapa jenis seafood sebagai makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung merkuri. Sebenarnya hampir semua jenis ikan dan hewan air mengandung merkuri. Karena, senyawa kimia berbahaya ini merupakan limbah yang paling banyak mencemari perairan. Namun, ada juga beberapa jenis ikan yang paling tinggi kandungan merkurinya. Adapun jenis ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi diantaranya adalah ikan makarel raja, ikan hiu, ikan tuna bigeye, ikan todak atau ikan pedang, dan ikan tuna sirip kuning. Memang jenis ikan-ikan tersebut jarang diperjualbelikan di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk bunda mengetahuinya.

2. Sushi

Jenis makanan lainnya yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sushi. Karena seafood mentah atau yang dimasak setengah matang pada sushi bisa membahayakan janin karena terkadang masih terdapat cacing parasit dalam dagingnya. Apalagi jika tempat dan proses persiapannya tidak steril. Maka dari itu, sebaiknya hindari ikan dan kerang mentah seperti yang ada pada sushi dan sashimi.

3. Steak Setengah Matang

Memang selera setiap orang itu berbeda-beda saat menikmati steak. Ada yang suka makan steak dengan tingkat kematangan rare (mentah), medium rare (setengah matang), medium well (agak matang), dan well done (matang sempurna). Dari segi rasa, memang daging steak ini lebih enak disantap yang dimasak medium rare / setengah matang. Namun, bagi ibu hamil harus menghindarinya. Karena daging yang dimasak setengah matang kemungkinan besar masih mengandung parasit toksoplasmosis yang sangat berbahaya bagi janin. Bukan hanya daging sapi, makanan lainnya seperti babi dan unggas (burung, ayam, bebek, kalkun) yang dimasak setengah matang bisa menjadi pantangan bagi ibu hamil.

4. Telur Setengah Matang

Telur mata sapi dan telur rebus setengah matang, bahkan ada juga yang Ā¾ matang, merupakan termasuk makanan pantangan bagi ibu hamil. Karena telut yang belum matang secara sempurna biasanya masih mengandung bakteri Salmonella aktif yang bisa menginfeksi anda. Dimana, infeksi Salmonella yang dialami oleh bunda bisa menyebabkan muntaber (muntah dan diare). Bahkan ada laporan kasus bahwa bakteri Salmonella ini bisa menyebabkan infeksi cairan ketuban. Memang infeksi seperti ini jarang terjadi, namun bisa serius dan menyebabkan keguguran. Selain itu, bagi janin, infeksi Salmonella ini juga sama membahayakannya. Karena Salmonella bisa menembus plasenta dan menginfeksi janin.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, semoga ada guna dan manfaatnya.