Tikcode – Minyak rem yang membekas pada cat mobil akan berdampak buruk. Tumpahan minyak rem hinga berbekas akan sangat merugikan pemilik. Selain mengeluarkan minyak rem, rem juga dapat menyebabkan debu yang akan menyebabkan kerusakan permanen pada rem dan roda sehingga bekas rem dan noda ban perlu dibersihkan secara berkala namun tak jarang banyak yang masih belum mengetahui cara menghilangkan bekas rem dan noda ban dengan benar.

Cara Menghilangkan Bekas Rem

Cara Menghilangkan Bekas Rem

Cairan minyak rem terbuat dari senyawa kimia yang mengandung glycol yang dapat merusak cat mobil jika dibiarkan terlalu lama. Meskipun awalnya cat mobil terlihat biasa saja namun semakin lama akan merusak cat karena cairan rem akan memecah lapisan pelapis cat dan meninggalkan bekas pasa cat mobil. Maka dari itu bekas rem harus segera dibersihkan segera mungkin agar tidak merusak mobil kesayangan anda. Berikut cara membersihkan bekas rem yang benar

  1. Parkirlah mobil anda di permukaan yang datar dan rata dengan pembuangan air yang bagus agar lebih mudah saat membersihkan mobil.
  2. Lepas hubcap dari roda mobil dengan alat khusus yang disesuaikan dengan kunci hubcap mobil anda. Selain membersihkan bekas rem pada cat mobil, disarankan juga untuk membersihkan debu dan minyak rem yang menempel di dalam roda aluminium. Setelah dilepas, anda bisa merendam, mencuci, dan mengeringkan hubcap secara terpisah dari ban.
  3. Sebelum mulai membersihkan noda rem, pastikan roda, hubcap, dan badan mobil tidak panas dan sebaiknya didinginkan terlebih dahulu jika masih terasa panas untuk menghindari agar tidak terjadi luka bakar saat memegang ban.
  4. Gunakanlah masker dan sarung tangan sehingga kotoran dan debu dari rem pada ban tidak mengganggu organ pernafasan anda karena dikabarkan bahwa debu rem dapat mengembangkan sel kanker jenis mesothelioma walaupun masih ditemukan hubungan antara debu rem dengan sel kanker namun pencegahan lebih baik. Sarung tangan akan melindungi tangan agar tidak menempel minyak rem dan debu.
  5. Semprot roda mobil dengan air dari selang untuk membersihkan pasir dan lumpur terlebih dahulu. Gunakan semprotan air yang kuat agar kotoran lebih mudah rontok.
  6. Gunakan sikat gigi atau alat gosok dengan bulu yang kaku dan berukuran kecil sehingga dapat menjangkau sela-sela ban dengan mudah. Gunakan campuran air dan sabun untuk membersihkan roda dari kotoran dan bekas rem.
  7. Pada bodi mobil yang terkena bekas rem, anda bisa menggunakan spons agar bodi mobil tidak lecet dengan menambahkan sabun. Sabun dikenal sebagai bahan yang dapat menghilangkan bekas rem dengan cepat.
  8. Jangan sekali-kali menggunakan sikat yang kasar karena akan menggores mobil anda. Pada toko mobil juga menjual sikat khusus yang lebih cocok untuk membersihkan mobil yang biasanya terlihat seperti sikat WC. Namun jika tidak ada, anda masih bisa menggunakan sikat gigi dan spons.
  9. Agar lebih bersih, anda bisa menggunakan sarung tangan cuci dengan bulu yang menempel pada jari agar lebih mudah menggosok ban mobil. Anda bisa menggosok sambil membilas secara bersamaan sehingga lebih mudah.
  10. Jika bekas rem masih menempel pada bodi ataupun masih terdapat kotoran noda rem pada ban mobil, ulangi proses menggosok dengan sabun hingga bersih.

Inilah cara menghilangkan bekas rem dan noda pada ban mobil. Segera keringkan mobil anda setelah sudah dipastikan bersih dan pasang kembali hubcap karena jika dibiarkan mengering sendiri akan menyebabkan bekas tetesan air pada mobil anda.