sumber: accuratebusinesscenter.com

Tikcode – Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang memiliki dua kemampuan yaitu untuk mengirimkan suara atau pesan dan bisa dibawa kemana saja. Dalam keseharian hampir semua manusia yang tidak bisa lepas dari smartphone nya. Tetapi, bukan hanya untuk berkomunikasi saja smartphone pun memiliki fungsi seperti media bisnis, media hiburan, dan masih banyak lainnya. Kegunaannya yang sangat canggih bisa membuat semua orang jadi membutuhkannya, salah satu nya adalah para pebisnis yang ingin membuka usaha jual smartphone. Perhatikanlah cara berikut agar kamu tidak melakukan kesalahan.

1. Mengerti Tentang Smartphone

sumber: cermati.com

Ketika kamu berjualan makanan, kamu harus mengerti tentang makanan serta kualitasnya. Hal ini pun berlaku kalau kamu berbisnis atau ingin menjual smartphone, kamu harus mengerti mengenai seluk-beluknya smartphone. Karena akan ada beberapa konsumen datang dengan menanyakan jenis smartphone apa yang paling murah dan bagus. Jika kamu menjawab ngasal, pasti konsumen yang membeli akan menyebarkan bahwa toko mu sangat tidak profesional. Jadi kalau hal itu terjadi, sebaiknya kamu harus lebih mempelajari dulu harga dan kualitas barang yang dijual.

2. Memperbarui Harga

sumber: shutterstock.com

Ketika kamu membeli barang elektronik, pasti terlebih dahulu melihat harga barang yang sedang turun atau tidak. Hal ini pun sangat berharga bagi kamu yang memang ingin menjual smartphone atau menjual gadget lainnya. Sebab biasanya, harga akan naik dan turun, kamu harus memperbarui harga serta mengikuti perkembangan agar tidak rugi saat menjual barang yang terbilang sangat mahal.

3. Memperbarui Barang

sumber: aplikasibarang.blogspot.com

Sekarang ini smartphone keluaran terbaru sangat cepat muncul di pasaran. Terutama kalau ingin mengeluarkan barang yang bagus dan membuka toko besar, kamu tidak boleh sampai ketinggalan info. Mau tidak mau smartphone yang sedang tren atau terbaru harus kamu sediakan agar konsumen bisa tertarik belanja ke toko kamu. Sebenarnya banyak sekali lho berbagai merk dan jenis smartphone yang bisa kamu jual dengan harga terjangkau, misalnya HP merk Xiaomi, Oppo dan Hp Meizu murah. Selain itu, kamu juga harus mengetahui produk gagal yang sering lolos ke pasaran karena kesalahan pabrik seperti barang baru bermasalah atau reject.

4. Memperhatikan Anggaran

sumber: weare.id

Anggaran untuk menjalankan bisnis jual beli smartphone tidaklah sedikit. Karena itu, kamu tidak boleh sembarangan membuka usaha. Semuanya harus dipersiapkan secara dalam agar terhindar dari hal-hal yang berisiko dan kerugian terhadap usaha kamu. Barang yang tidak laku jika dipilih secara tidak benar maka akan membahayakan usaha dan menyebabkan kerugian yang bisa membuatmu bangkrut.

5. Meningkatkan keamanan

sumber: cameracctvindonesia.wordpress.com

Membuka toko smartphone sama seperti dengan membuka toko perhiasan yang memang wajib diberikan keamanan. Seperti yang kamu ketahui, toko makanan atau sembako saja bisa dibobol maling hingga mengalami kerugian sangat besar apalagi smartphone yang mudah dan cepat dijual. Keamanan itu berfungsi untuk mengamankan toko kamu dari para penipuan berkedok dan pencopet. Setiap toko smartphone harus menggunakan etalase terkunci yang hanya bisa dibuka khusus dengan pemiliknya. Toko pun dilengkapi dengan CCTV agar membantu menjaga toko tidak kemasukan maling.

6. Mencari Agen yang Sangat Terpercaya

sumber: beritaagenterpercaya.wordpress.com

Yang terakhir, membuka usaha smartphone memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena banyak sekali smartphone palsu yang bisa membuat kerugian sangat besar saat kamu baru terjun ke bisnis tersebut. Kamu harus mengenali barang asli dan palsu itu seperti apa kemudian ketahui hal-hal lain terkait smartphone atau garansinya. Karena ada beberapa pengusaha smartphone yang sering sekali tertipu oleh oknum. Dan ternyata, smartphone yang dijual oleh oknum itu adalah palsu atau tidak original. Biasanya smartphone asli memiliki nomor ID khusus dari pabrik, seperti sertifikat dan garansi.

Terlepas dari sulitnya membuka dan menjalankan bisnis smartphone, janganlah patah semangat atau putus asa. Terlebih untuk kamu yang memang ingin mendapatkan keuntungan dari usaha jual smartphone, pilihlah barang yang paling banyak diminati oleh orang banyak.