Tikcode – Bagi pemilik sepeda motor, service menjadi rutinitas rutin yang harus dilakukan setiap bulannya. Sehingga sepeda motor tetap awet dan tidak cepat rusak. tapi terkadang kita malas untuk ke bengkel. Selain tidak punya waktu, masalah biaya sering menjadi alasan. Padahal biaya service tidak begitu mahal. Apalagi anda merawat motor dengan baik. jika anda tidak pernah service di bengkel, bisa membuat komponen rusak dan akhirnya mengeluarkan biaya mahal. Inilah biaya service motor yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

service motor

Biaya Ganti Oli

Ganti oli menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukan setiap bulannya. Apalagi anda tipe orang yang sering berpergian jauh. Dengan mengganti oli secara rutin, akan membuat mesin bekerja dengan baik. selain itu oli akan melapisi mesin dan melindunginya dengan baik, sehingga tidak mudah berkarat. Jangan lupa untuk memilih oli yang baik, jangan memilih sembarangan, karena bisa merusak mesin motor anda. Setiap oli memiliki harga yang berbeda-beda. Bisa sesuaikan dengan kondisi kantong anda. Selain itu jangan terlalu sering gonta ganti oli, karena bisa merusak mesin motor. Biaya yang dikeluarkan untuk ganti oli sekitar 40 ribuan hingga 200 ribuan.

Service Tune Up Rutin

Service tune up juga dilakukan rutin setiap bulan. perawatan ini digunakan untuk mengecek dan mengetahui kondisi sepeda motor anda. Biaya servicenya cukup murah, hanya sekitar 75 ribuan. Biaya tersebut hanya untuk pengecekan. Bila ada pergantian atau perbaikan sparepart, anda harus membayar biaya tambahan. Biaya yang harus dikeluarkan berbeda-beda, tergantung kerusakan yang terjadi. ada beberapa bengkel yang memberikan harga paket, meliputi perawatan :

  • Pengecekan tekanan ban’
  • Mengecek tegangan atau kondisi rantai
  • Membersihkan radiator dan karburator
  • Mengecek area CVt dan alat ECU
  • Membersihkan saringan udara
  • Mengecek kondisi sen, lampu dan klakson

Service Kampas Rem

Kampas rem merupakan bagian motor yang terlihat sepele tapi fungsinya sangat penting. Karena bisa mempengaruhi keamanan berkendara. Rem harus dilakukan pengecekan secara rutin. Bila rem bermasalah atau tidak pakem, bisa mengganggu berkendara anda. Bisa mengakibatkan kecelakaan yang berbahaya. Biaya yang dikeluarkan sangat murah, tergantung jenis rem yang digunakan. Untuk kampas rem depan cakram harganya sekitar 45 ribuan. Sedangkan bagian kampas rem belakang tromol harganya sekitar 35 ribuan. Saat melakukan pemeriksaan rutin, pihak bengkel akan memberi tahu anda apakah kampas ram harus diganti atau tidak.

Service Sparepart Lainnya

Anda juga harus melakukan perawatan pada sparepart lainnya. karena pada sepeda motor ada banyak sparepart yang saling berhubungan satu sama lain. setiap sparepart memiliki masanya. Misalnya untuk aki, hanya bertahan selama 2 tahun. Supaya anda tidak perlu takut motor tiba-tiba mogok mendadak, maka harus melakukan pengecekan rutin. Ada beberapa sparepart yang harus diganti rutin. Antara lain roller harga sekitar 20 ribuan atau V belt harganya sekitar 75 ribuan.

Masa sparepart juga dipengaruhi oleh penggunaan. Motor yang digunakan terus menerus, akan membuat sparepartnya juga cepat usang. Oleh karena itu perawatan rutin harus dilakukan setiap bulannya. Jika anda melakukan semua perawatan diatas, tidak banyak biaya yang harus dikeluarkan. Mungkin hanya sekitar 300 ribuan. Bila anda tidak rutin melakukan pengecekan, biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Karena pergantian sparepart membutuhkan biaya yang besar. itulah biaya yang  harus dikeluarkan untuk service motor rutin.