Tikcode – Demam Berdarah (DBD) merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat. DBD cenderung meningkat tiap tahunnya terutama saat musim hujan di negara tropis termasuk Indonesia. Tindakan pencegahan yang sangat disarankan yaitu PSN 3M Plus. Banyak yang masih belum mengenal 3M Plus itu apa sehingga akan dibahas pada artikel ini.

Sebelum membahas tentang 3M Plus, DBD merupakan penyakit menular akibat salah satu dari empat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejala awal DBD yaitu demam tinggi, nyeri otot, dan ruam dan akan terkena demam dengue jika sudah tahap parah dan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, pendarahan serius, hingga menyebabkan kematian.

DBD juga disebut sebagai penyakit break-bone karena dapat menyebabkan nyeri otot dan sendi yang membuat tulang terasa retak. Penyakit ini dapat menular kepada siapapun tanpa memandang usia dan jenis kelamin dan lebih sering menyerang negara tropis dan subtropis.

3m plus itu apa

Tentang 3M Plus Itu Apa

Dalam pencegahan penularan dan penyebaran DBD, lebih umum dengan melakukan tindakan fogging atau pengasapan namun ternyata lebih efektif jika melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus daripada fogging. Tindakan 3M Plus disarankan untuk dilakukan secara berkala setiap tahunnya untuk mencegah agar lingkungan tempat tinggal tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk DBD. Program PSN 3M Plus yaitu :

1. Menguras

Kegiatan menguras dan membersihkan tempat yang dijadikan sebagai tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, penampungan air kulkas, tempat air minum, kendi, dan tempat penampungan air lainnya. selain menguras, tempat penampungan air harus dibersihkan dengan cara digosok dengan alat khusus pembersih untuk membuang telur nyamuk yang menempel pada dinding tempat penampungan air. Disarankan untuk menguras dan membersihkan setidaknya seminggu sekali atau setiap hari pada saat musim hujan.

2. Menutup

Kegiatan menutup tempat penampungan air seperti bak mandi, kendi, drum, dan tempat penampungan air lainnya dengan rapat untuk mencegah telur nyamuk menetap pada tempat penampungan air. Selain itu, barang-barang bekas yang tidak terpakai juga disarankan untuk dibuang ataupun dikubur dan juga rajin membersihkan rumah karena lingkungan yang kotor dapat berpotensi menjadi sarang nyamuk.

3. Memanfaatkan Kembali

Kegiatan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang-barang bekas yang mendukung program daur ulang sehingga tidak mengotori lingkungan dan menjadi sarang tempat perkembangbiakan nyamuk.

Program PSN 3M Plus yang terdiri dari tiga tahap akan membantu mencegah perkembangbiakan nyamuk sehingga sangat disarankan untuk dilakukan secara teratur agar terhindar dari penyakit DBD. Adapun yang dimaksud dengan metode 3M Plus yang terdiri dari beberapa kegiatan juga bisa dilakukan yaitu segala bentuk kegiatan pencegahan seperti :

  1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.
  2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.
  3. Menggunakan kelambu saat tidur.
  4. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk.
  5. Menanam tanaman pengusir nyamuk.
  6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Inilah pengertian dan metode pencegahan tentang 3M Plus itu apa. Wabah DBD biasanya akan meningkat ketika musim hujan karena meningkatnya curah hujan yang menyebabkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk semakin banyak sehingga tindakan 3M Plus perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan karena mencegah lebih baik daripada mengobati.