Tikcode – Menata perabotan rumah yang tepat terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan. Dikatakan demikian karena terkadang juga Anda tidak mengetahui penyebab utama mengapa rumah terlihat begitu sesak meskipun sudah dirapikan. Penyebabnya bisa jadi karena dekorasi rumah serta tata letak perabotan rumah yang tidak tepat.

Meskipun hal tersebut terlihat sepele, setidaknya penataan perabotan yang tepat dapat membuat ruangan di rumah Anda lebih rapi, nyaman, dan bersih.

perabotan rumah

Tips Menata perabotan Rumah

Penataan perabotan rumah yang rapi dapat memberikan kesan rumah Anda terlihat nyaman serta bersih. Apalagi perabotan yang Anda miliki berukuran besar dan cukup memakan ruangan. Dalam hal ini, mungkin Anda memerlukan ide dan tips bagaimana caranya menata perabotan rumah yang tepat. Tips ini dapat membantu Anda memanfaatkan berbagai sudut ruangan demi penataan yang rapi. Apa saja tips-nya? Yuk simak uraian di bawah ini.

1. Menyesuaikan dengan Ruangan

Menata perabotan rumah dapat menjadi hal yang sulit Anda lakukan jika jumlah barang serta penempatannya tidak sesuai dengan fungsi ruang. Sebagai contoh, peralatan rumah mandi yang mestinya disimpan di kamar mandi justru Anda letakkan di dapur. Nah, penataan barang yang tidak teratur ini dapat membuat rumah Anda terlihat berantakan. Maka dari itu, sesuaikanlah jenis perabotan rumah tangga dengan fungsi ruangan rumah Anda.

2. Menentukan Skala Prioritas

Dalam mendesain rumah minimalis dan sederhana agar terlihat lebih mewah tidak hanya dilakukan dengan mengaplikasikan hiasan dinding, akan tetapi dengan memilih perabotan rumah yang ditentukan dengan skala prioritas.

Maksud dari menentukan skala prioritas ialah menyesuaikan kebutuhan perabotan dengan luas ruangan di rumah Anda. Upayakan tidak membeli perabotan rumah dengan ukuran yang terlalu besar demi mendapat kesan nyaman dan santai.

3. Memanfaatkan Ruang Kosong

Dalam menata perabotan rumah mesti memiliki ketelitian dan kecermatan yang mumpuni. Apalagi jika Anda memiliki ruangan rumah yang kecil atau minimalis. Terkadang ada beberapa ruangan yang tidak Anda sadari masih kosong dan dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan barang. Ruang kosong yang dimaksud dapat dimanfaatkan menyimpan alat-alat kebersihan yang memiliki ukuran kecil, seperti sapu, pengki, lap pel, dan lain sebagainya.

4. Merapikan Rumah dengan Rutin

Merapikan rumah dengan rutin minimal sekali seminggu tentu membuat ruangan selalu rapi. Merapikan rumah tidak hanya urusan menyapu dan mengepel, melakukan dekorasi rumah serta menata perabotan rumah juga bagian dari cara merapikan rumah. Dalam hal ini, Anda dapat mengembalikan perabotan rumah yang telah dipakai sebelumnya pada tempat yang sesuai.

5. Memilih perabotan yang Multifungsi

Upayakan memilih perabotan rumah yang tepat agar pekerjaan menata perabotan rumah berlangsung dengan cepat. Dalam hal ini, sebaiknya pilih perabotan rumah multifungsi yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai penggunaan. Sebagai contoh memilih lemari kayu dengan banyak laci agar barang-barang lainnya dapat disimpan juga di sana. Contoh lainnya Anda dapat memilih meja lipat untuk belajar atau menyimpan makanan sekalipun.

Demikianlah tips menata perabotan rumah yang tepat. Menata perabotan rumah juga merupakan bagian dari cara dekorasi rumah yang nyaman. Karena penataan yang tepat memberikan kesan rapi serta bisa juga memanjakan mata Anda. Kebayang dong misalnya Anda lagi stress sama pekerjaan atau beberapa hal, lalu melihat rumah berantakan dan membosankan? Bisa jadi Anda merasa lebih stress. Maka untuk mengatasinya bisa dengan menata perabotan rumah dengan tepat.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!