Tikcode – Perlukah anak Anda yang masih balita diajari belajar membaca? Tentu perlu. Setidaknya, mereka sudah mengenal bentuk-bentuk huruf dan angka. Untuk itu, Anda sebagai orang tua perlu mencari cara mengajari anak belajar membaca karena mengajari anak balita membaca tentu berbeda dengan mengajari anak usia sekolah untuk membaca. Anda perlu menyisipkan ‘pelajaran’ di sela-sela aktivitas bermainnya agar proses belajar tidak membosankan.

cara mengajari anak belajar

Mengajari Anak Belajar Membaca

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak belajar membaca. Anda bisa memilih salah satu diantara lima cara berikut ini.

1. Gunakan media kartu baca

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan media kartu baca atau flash card. Media ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko terdekat. Atau jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa membuatnya dengan desain sendiri. Penggunaan kartu baca ini sangat mudah. Anda hanya perlu menunjukkan kartu satu per satu untuk dibaca oleh buah hati Anda selama kurang lebih 1 detik.

Manfaat yang didapat tidak hanya menjadikan anak lebih pAndai membaca, tapi juga mengembangkan otak kanan, mempertajam daya ingat, serta melatih konsentrasi. Proses belajar juga menjadi lebih menarik karena kartu baca ini biasanya memiliki seri tertentu dengan gambar warna-warni, seperti seri nama binatang, nama buah-buahan, makanan, dan lain sebagainya.

2. Gunakan buku cerita bergambar

Cara yang kedua dengan menggunakan buku cerita bergambar. Ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mengenalkan buku kepada anak-anak Anda. Anak balita biasanya sangat suka dengan benda berwarna-warni. Dengan memberikan buku cerita bergambar, Anda juga bisa sekalian mengajarkan cara membaca kepada buah hati Anda.

Pilihlah buku cerita dengan tema yang disukai oleh anak Anda, misalnya tentang dunia binatang, princess atau tokoh superhero. Pada awal diberikan buku, mungkin saja anak Anda hanya akan melihat-lihat gambarnya yang menarik. Untuk itu, Anda perlu membacakannya terlebih dahulu. Buat anak tertarik untuk belajar membaca dan mengetahui keseluruhan isi cerita dari buku tersebut.

3. Gunakan karpet baca

Cara mengajari anak belajar membaca yang ketiga adalah dengan menggunakan karpet baca. Media ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko-toko maupun melalui pemesanan secara online. Ajak anak untuk bermain tebak-tebakan huruf dan gambar yang ada di karpet baca tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda sudah mengenalkan huruf kepada buah hati.

4. Membaca sambil menyanyi

Cara yang keempat adalah dengan membaca sambil menyanyi. Umumnya, anak-anak akan lebih mudah mengingat syair dengan nada dan iringan musik tertentu. Ini bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengajarkan anak Anda belajar membaca. Anda bisa mengenalkan lagu tentang abjad dan ajak anak Anda untuk menyanyikannya pada setiap kesempatan.

5. Membaca sambil menulis

Cara mengajari anak belajar membaca yang kelima adalah dengan mengajarkan membaca sambil menulis. Anak-anak biasanya suka mencoret-coret sesuatu. Jika anak Anda demikian, Anda bisa menggunakan cara ini.

Mengajarkan membaca sambil menulis akan membuat daya ingat lebih kuat karena anak melakukan dua aktivitas sekaligus yang membutuhkan konsentrasi, yaitu membaca dan menulis. Agar anak tidak bosan, sebaiknya Anda tidak mengajarkan menulis huruf A-Z secara langsung. Biarkan anak menggambar sesuai dengan minatnya, kemudian ajak anak untuk menuliskan nama dari figur yang digambarkannya tersebut.

Nah, itulah lima cara mengajari anak belajar membaca. Setiap anak tidak bisa diperlakukan sama. Untuk itu, Anda harus memahami anak Anda terlebih dahulu untuk menentukan cara paling tepat yang bisa digunakan kepada si buah hati ketika ingin mengajarkan membaca. Yang paling penting, jangan pernah paksa anak Anda untuk belajar jika mereka tidak menginginkannya.