Kreativitas Membatik Wanita Riau Berhasil Ditumbuhkan Bersama Royal Golden Eagle

Posted by

Tikcode – Di Riau, ada sebuah seni batik yang dikenal dengan nama batik Bono. Jenis batik ini merupakan batik khas Riau yang sebenarnya memiliki motif dan corak unik yang berbeda dengan batik khas Solo, pekalongan dan sekitarnya. Untuk memberikan peningkatan kreativitas pada wanita di Riau, Royal Golden Eagle turut serta memberikan pelatihan membatik bagi wanita.

Disana wanita Riau akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan membatik yang diharapkan oleh RGE dapat membantu ekonomi keluarga dan menciptakan pengrajin batik bono sehingga batik khas Riau ini tidak punah karena minimnya pengrajin di daerah sendiri. Karena itu upaya pelatihan tersebut senantiasa dilakukan oleh Royal Golden Eagle sejak tahun 2013 sampai sekarang.

Pelatihan Membatik Batik Bono Untuk Wanita Riau Dari RGE

Pelatihan membatik khas Riau yaitu batik Bono sudah dilakukan sejak tahun 2013 silam sampai saat ini. Kini pelatihan membatik di Riau semakin berkembang dan di tahun 2018 Kabupaten Kuansing dan Siak menjadi tempat akan diberlakukannya kegiatan membatik di Riau.

Kabar yang beredar bahwa potensi wisata di Riau akan semakin berkembang khususnya di Bono karena Bupati Pelalawan sudah mencanangkannya. Dengan adanya potensi wisata tersebut pastinya peluang market untuk kerajinan batik Bono akan sangat dicari. Karena itu saat ini para pebatik benar – benar dilatih dari masyarakat Riau sendiri untuk mengembangkan potensi didalamnya. Cara ini juga sekaligus dapat mengembangkan potensi wanita Riau untuk berkembang sehingga wanita Riau bisa berprestasi dan berkreasi dimanapun walau dari rumah.

Selain dari para wisatawan, pemerintah juga dapat menjadi target market para pembatik. Bahkan perusahaan dibawah naungan Royal Golden Eagle terbesar di Riau yaitu PT RAPP saat ini juga menggalakkan program menggunakan batik setiap hari jumat sehingga target market PT RAPP yang berjalan dibawah naungan RGE selaku pembuat dan penggagas pelatihan membatik bisa berjalan lancar. APRIL sendiri menerapkan program pengembangan masyarakat didalam upaya untuk membantu mengentaskan masyarakat dari jerat kemiskinan serta meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan suatu pelatihan teknikal dan keuangan dari ahlinya.

APRIL di tahun 2013 memulai program batik juga yang merupakan bagian dari pengembangan program Usaha Kecil dan Menengah yang sebelumnya sudah ada di Kabupaten Pelalawan, Riau. Siapa saja pada akhirnya yang tertarik didalam program ini bisa ikut bergabung dan mereka akan diberikan suatu teknik pelatihan untuk membatik atau mereka juga bisa mendalami kemampuan batik lanjutan dengan berkontribusi di Rumah Batik Andalan yang merupakan sebuah rumah batik yang telah difasilitasi oleh APRIL Grup. Setelah mendapatkan pelatihan para anggota akan memiliki banyak opsi agar mereka tetap dapat menjadi anggota dan bekerjasama secara permanen di rumah batik tersebut.

Jika mereka memilih usaha sendiri, maka mereka dapat membuka gerai atau toko batik dengan usaha sendiri. Sementara jika memilih bergabung dan meningkatkan potensi bersama Rumah Batik Andalan tentu fasilitas akan diberikan, pelatihan dan peningkatan keterampilan akan didapatkan serta gaji yang pantas juga akan dimiliki. Rumah Batik Andalan memberikan gaji kurang lebih sekitar 2,5 juta sampai dengan 3 juta rupiah kepada para pembatiknya. Tentunya sangat diharapkan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Royal Golden Eagle ini tidak cukup sampai disini saja. Melainkan RGE akan senantiasa memberikan dukungan kepada masyarakat dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat Riau seutuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *