Fitur Canggih Genset Perkins dan Cara Perawatannya

Posted by

Tikcode – Pernahkah Anda mendengar genset perkins? Produk genset ini mengadopsi teknologi mutakhir serta menggunakan material yang teruji kredibilitasnya. Jadi, genset ini sudah tepercaya di kelasnya. Karena teknologi yang canggih tersebut, maka fitur-fiturnya juga unggul, sehingga mampu mendukung penerangan dan kelancaran kegiatan saat listrik padam.

Fitur unggul yang terdapat dalam genset ini meliputi rendahnya konsumsi oli, punya performa stabil, biaya operasi yang murah, perawatan yang tergolong mudah, suku cadang atau spare part yang mudah didapatkan, serta rendah polusi ketika digunakan. Performanya yang unggul ini harus dirawat dengan beberapa cara ini agar tetap bekerja optimal.

  1. Membersihkan Genset Secara Berkala

Membersihkan genset secara berkala merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan agar kualitasnya terjaga dengan baik. Upaya untuk membersihkan genset ini dilakukan secara berkala agar debu, kotoran, atau sisa asap yang menempel tidak mengganggu performa genset karena menyumbat bagian tertentu.

  1. Mengganti Spare Part yang Sudah Usang

Spare part atau suku cadang yang sudah usang atau aus tentunya juga harus segera diganti. Penggantian suku cadang ini dilakukan agar genset tetap beroperasi dengan lancar dan tidak cepat rusak. Komponen lain juga tidak terbebani dengan kerusakan salah satu atau beberapa komponennya karena semua komponen saling bekerja sama.

  1. Mengoperasikan Genset di Ruangan yang Sirkulasi Udaranya Baik

Pengoperasian genset juga harus memperhatikan area yang digunakan untuk meletakkannya. Letakkan genset di area yang sirkulasi udaranya baik. Hal ini bertujuan agar pembakaran genset yang keluar dari saluran udaranya bisa terbuang dengan baik. Hal tersebut bertujuan agar mesin genset tidak cepat rusak.

  1. Memanaskan Genset Secara Rutin

Performa mesin genset perkins yang punya fitur unggul haruslah dijaga. Salah satu caranya adalah dengan memanaskan genset secara berkala. Karena genset tidak selalu beroperasi dan digunakan ketika listrik mati ataupun untuk menambah daya, maka Anda harus memanaskannya secara rutin agar mencegah kerusakan karena jarang digunakan.

  1. Memeriksa Komponen Genset Secara Berkala

Komponen genset sangatlah penting untuk diketahui kondisinya. Setiap bagian genset ini harus diperiksa secara berkala agar mampu beroperasi dengan baik dan kualitasnya tidak berkurang.  Komponen tersebut meliputi kabel instrument, distilled water, dan mesin genset itu sendiri.

Berbagai bagian lainnya yang lebih spesifik juga harus diperhatikan. Mintalah bantuan pihak servis genset untuk memeriksa kondisi genset secara berkala agar performanya tetap prima dan meminimalisir kerusakan yang dimungkinkan terjadi.

  1. Memastikan Bahan Bakar Tidak Kosong

Bahan bakar merupakan roda penggerak utama yang harus ada dalam genset agar bisa dioperasikan. Bahan bakar yang merupakan kunci utama agar genset mampu beroperasi ini harus terisi dan tidak boleh kosong. Periksalah secara berkala sisa bahan bakarnya secara berkala, terutama setiap kali akan digunakan agar tidak mati di tengah penggunaan.

  1. Memeriksa Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin merupakan perlengkapan yang berperan sangat penting dalam pengoperasian genset. Untuk itu, periksalah mesin oli secara berkala untuk memastikan bahwa oli tersebut tetap tersedia dalam jumlah memadai setiap kali akan digunakan.

Jika tidak mencukupi, maka lakukan pengisian ulang. Ganti juga oli genset jika sudah keruh. Umumnya penggantian dilakukan 6 bulan sekali atau bisa ketika kondisi oli sudah tidak normal.

  1. Segera Matikan Genset Apabila Ada Kejanggalan

Upaya perawatan yang terakhir ini merupakan suatu langkah antisipasi apabila terjadi hal-hal yang janggal pada genset ketika benda tersebut dioperasikan. Tindakan antisipasi yang segera dilakukan adalah dengan mematikan genset ketika terdapat kejanggalan. Hal-hal yang janggal atau tidak biasa tersebut meliputi suara yang terlalu bising ataupun getar terlalu kuat.

Jika tidak segera dimatikan dan tetap dibiarkan beroperasi, maka genset akan lebih cepat rusak dan persoalan yang ada di dalamnya tidak terdeteksi. Demi kelangsungan pemenuhan kebutuhan akan genset, maka Anda harus mematikan genset ketika ada yang janggal dan segera memeriksa komponennya. Jika tidak mengerti, maka konsultasikan pada jasa servis.

Menjaga atau merawat suatu produk lebih sulit dibandingkan dengan membeli produk. Perawatan yang kompleks harus dilakukan demi menjaga performa produk, termasuk genset. Kualitas genset perkins yang unggul tentunya harus dipertahankan dengan merawatnya melalui langkah perawatan di atas demi mencegah penurunan performa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *